Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Mendengar atau melihat bawah hitam mungkin masih asing untuk kita. Tetapi, ada banyak Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan yang sangat sayang jiga terlewatkan. Selain dari warnanya yang hitam, bawang ini juga memiliki ciri khas lain, yaitu teksturnya yang lembut dan kenyal, serta rasanya yang manis dan asam.

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Bawang Hitam merupakan hasil dari fermentasi bawang putih segar yang disimpan pada suhu 60-70 derajat celsius selama 30-40 hari. Perubahan warna, tekstur, dan rasanya didapatkan dari proses fermentasi ini.

Manfaat bawang hitam paling banyak didapatkan dari berbagai senyawa bioaktif didalamnya yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC).

Selain itu, bawang hitam juga mengandung berbagai nutrisi seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C1, B1, B2, B3, dan B6.

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Berikut dibawah ini adalah beragam manfaat bawang hitam yang bisa kalian dapatkan, yaitu :

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Sama dengan bawang putih, bawang hitam juga mempunyaimanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan hipertensi.

Selain itu, bawang hitam diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga mengurangi risiko menderita penyakit jantung koroner.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Berkat kumpulan senyawa bioaktifnya, bawang hitam juga diduga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Salah satu penelitian yang sudah dilakukan adalah manfaat abwang hitam pada kanker kolorektal.

Aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif ini mampu melawan radikal bebas berlebih dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan berkembangnya sel kanker.

  • Menjaga Fungsi Otak

Selain menangkal radikal bebas, antioksidan dalam bawang hitam juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Khasiat ini di duga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, yaitu kemampuan dalam berpikir, mengingat, memecahkan masalah dan mengambil keputusan.

Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan juga mampu mencegah untuk mengalami berbagao penyakit akibat penurunan fungsi kognitif, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

  • Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam bawang hitam dapat menjaga sel-sel imunitas dari kerusakan akibat radikal bebas berlebih. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh akan mampu melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit dengan lebih efektif.

  • Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan senyawa polifenol, flavonoid, dan antisianin dalam bawang hitam bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabol. Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sifat antioksidan dalam senyawa-senyawa ini juga mempu mencegah berbagai komplikasi akibat penyakit diabetes.

Cara Mudah Mendapatkan Manfaat Bawang Hitam

Memperoleh bawang hitam mungkin tidak akan smeudah mendapatkan bawang putih segar di pasaran. Tetapi, jawang khawatir. Kalian dapat membuat bawang hitam sediri di rumah hanya dengna menggunakan rice cooker. Dan dibawah ini beberapa langkahnya :

  1. Siapkan rice cooker dan masukkan beberapa siung bawang putih ke dalamnya
  2. Atur tombol rice cooker ke setelah untuk menghangatkan ( bukan untuk memasak )
  3. Diamkan selama 2 minggu dengan suhu hangat yang terus menyala
  4. Setelah 2 minggu, keluarkan bawang yang sudah menghitam dari rice cooker

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan yang didapatkan dengan risiko efek samping yang tergolong minimal. Setelah melewati proses fermentasi, bawang hitam sudah dapat langsung dikonsumsi, atau juga bisa ditambahkan kedalam hidangan lainnya sebagai pengganti bawang putih segar.

Semoga Bermanfaat

 

SERA ASLI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *