Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Diet

Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Diet

Semua orang slalu menginginkan memiliki tubuh ideal , seksi , sehat dan tentunya menarik dilihat orang . Olahraga untuk menurunkan berat badan atau membentuk badan sudah dilakukan , berarti inilah saat nya mengatur asupan makanan supaya tetap sehat , Yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayuran untuk diet sehat . Pola makan yang baik sangat menentukan hasil dari diet yang kamu lakukan .

Asupan gizi yang cukup dapat mencegah badan kamu malnutrisi ketika diet . Sayuran untuk diet apa sih yang di anjurkan untuk di kosumsi saat anda melakukan program diet ? Nah berikut  jenis sayuran yang baik untuk diet .

Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Diet
  • Selada

Selada merupakan sayuran yang rendah kalori dan rendah karbohidrat, sangat cocok untuk dijadikan sayuran untuk diet. Selain itu, selada kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium, folat, zat besi, serat, dan vitamin. Makan selada dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki nutrisi seperti kalium yang mencegah kenaikan tekanan darah. Selain itu kandungan folat di dalamnya juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Ada banyak jenis selada. Di antaranya ada iceberg dan romaine. Selada umumnya dikonsumsi mentah, bisa sebagai lalapan atau dijadikan isi untuk campuran saladSalad ini selain dijadikan sebagai appetizer juga dapat sebagai cemilan sehat pengganti makanan berat. Karena mengandung nol lemak, bisa sering-sering makan selada deh. Supaya gak bosen, imbangi dengan sayuran lainnya yes!

 

  • Brokoli

Alasan kenapa brokoli menjadi sayuran yang baik untuk diet adalah ia mengandung serat yang tinggi , sehingga dapat membua perut merasa kenyang lebih lama . Brokoli sering dikomsumsi orang yang diet rendah karbohidat karena mengandung karbohidrat kompleks. Jadi sangat cocok dikonsumsi orang yang tidak atau sedikit makan nasi namun tetap ingin mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Brokoli masuk ke dalam golongan sayuran krusiferus (cruciferous vegetables), bersama kale, kubis, dan kembang kol. Sayuran krusiferus mengandung substansi glukosinolat. Beberapa jenis senyawa glukosinolat ini dapat menjadi anti kanker, sehingga brokoli masuk sebagai salah satu sayuran yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Namun, ada senyawa glukosinolat lainnya yang disebut goitrogen ini dapat mengganggu produksi kelenjar gondok atau tiroid sehingga tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita hipotiroid. Jangan khawatir, memasak atau memanaskan sayuran krusiferus akan menonaktifkan senyawa goitrogen tersebut, sehingga aman untuk dikonsumsi orang yang menderita gangguin tiroid. Tentunya juga dengan membatasi asupan harian dengan jumlah secukupnya saja.

Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Diet

  • Sawi Putih

Sawi putih atau biasa di kenal sawi cina adlaah salah satu jenis sayuran yang bagus untuk diet . Sawi putih mengandung kalsium , kalium , magnesium , dan kaya akan vitaman K , Vitamin A , dan vitamin C . Sawi putih juga mengandung zat anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas . Anti inflamasinya juga dapat tubuh terhadap peradangan, sehingga dapat mencegah penyakit seperti arthritis. 

  • Bayam

Seperti yang sudah kita ketahui , Bayam adalah sayuran yang mengandung zat besi yang tinggi . Sayur bayam sangat disarankan bagi penderita anemia atau darah rendah untuk mengonsumsinya sebagai sayuran penambah darah . Sayur bayam juga mengandung berbagai macam mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan vitamin A dan K di dalam bayam mampu meningkatkan proses metabolisme dengan melancarkan proses peredaran darah di dalam tubuh.

  • Rumput Laut

Rumput laut bukan hanya nori saja , Rumput laut ialah alga atau ganggang laut (biasanya jenis yang cokelat, hijau, dan merah) yang dapat dimakan, dan sudah dijadikan makanan di Cina, Korea, dan Jepang sejak zaman prasejarah. Saat ini rumput laut digolongkan menjadi makanan super karena kaya akan vitamin dan mineral.

Rumput laut, terutama jenis kelp merupakan sumber terbaik untuk yodium yang baik dikonsumsi untuk penderita hipotiroid. Rumput laut mengandung kalsium, omega-3 asam lemak, berbagai macam vitamin (vitamin A, B12, B6, C, dan K) dan mineral lainnya. Rumput laut juga merupakan sayuran yang mengandung zat besi, selain itu rendah kalori dan memiliki serat yang tinggi sehingga bagus untuk dijadikan sebagai sayuran untuk diet.

Beberapa jenis sayuran di atas adalah sayuran yang baik untuk membantu diet kamu. Konsumsi dengan mencampur atau bergantian dengan sayuran lainnya agar tidak bosan. Konsumsi secukupnya saja. Ingat, sesuatu yang berlebihan, walaupun itu baik, tidak akan bagus bagi keseimbangan tubuh. Agar diet kamu berhasil, jaga gaya hidup lainnya tetap seimbang dengan olahraga teratur, tidur, dan minum air putih yang cukup agar tubuh tetap sehat.

 

Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Selamat Datang di Toko Bintang Jaya Herbal, Selamat Berbelanja :)
Powered by