Berbagai Gejala Aritmia Yang Harus Diketahui

Untuk kalian yang pernah merasakan jantung berdebar sangat kencang tetapi tidak terjadi hal atau penyebab yang pasti, harus berhati-hati mungkin saja itu salah satu penyakit yang menyerang jantung, seperti aritmia. Maka dari itu, disini saya akan menjelaskan Berbagai Gejala Aritmia Yang Harus Diketahui oleh semua orang.

Gejala Aritmia adalah jantung yang berdetak lebih cepat, lebih lambat, atau tidak teratur. Meski terdengan sederahana, gejala ini dapat sampai mengganggu aktivitas sehari-hari sebagian penderitanya.

Berbagai Gejala Aritmia Yang Harus Diketahui

Gejala aritmia berbeda-beda sesuai dengan jenis aritmia yang dialami. Pada dasarnya, aritmia merupakan gangguan itama jantung. Penderita aritmia dapat merasakan irama jantungnya terlalu cepat (takikardia), terlalu lambat (bradikardia), atau tidak teratur.

Sebenarnya, hampir setiap orang pasti pernah mengalami aritmia sesekali dan biasanya tidak berbahaya. Tetapi, jika terjadi secara terus menerus tanpa alasan yang jelas, aritmia dapat menandakan adanya masalah pada jantung.

Berbagai Gejala Aritmia Yang Harus Diketahui

Dibawah ini ada beberapa gejala aritmua sesuai dengan jenisnya, yaitu :

  • Takikardia

Takikardia merupakan gejala aritmia yang sering kali terjadi. Kondisi ini ditandai dengan detak jantung yang berdenyut lebih dari 100 kali per menit, sementara pada umumnya, detak jantung orang dewasa yang sehat berdenyut diantara 60-100 kali per menit.

Untuk sebagian besar orang, mengalami percepatan detak jantung adalah hal yang normal, seperti saat berolahraga atau sebagai respon tubuh terhadap stres, trauma, serta penyakit. Akan tetapi pada penderita aritmia, detak jantung dapat menjadi cepat walau tidak ada pemicu tertentu.

  • Bradikardia

Bradikardia merupakan keadaan jantung yang berdetak lebih lambat dari biasanya. Pada kondisi ini, deta jantung berdenyut kurang dari 60 kali permenit.

Bradikardia biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi kondisi ini dapat menyebabkan otak dan organ vitam dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup

  • Irama Jantung Tidak Beraturan

Selain detak jantung yang lebih cepat atau lambar, gejala aritmia juga dapat berupa detak jantung yang tidak beraturan. Pada kondisi ini, detak jantung bisa :

  1. Terasa seperti memiliki detak tambahan tiba-tiba
  2. Terlambat untuk berdetak
  3. Bergerak selama beberapa detik

Atirmia dapat menurunkan kinerja jantung dalam memompa darah. Akibatnya, peredaran oksigen tubuh juga dapat terganggu. Hal ini dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala penyerta, seperti :

  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Gangguan kecemasan
  • Mudah lelah saat elalukan aktivitas fisik
  • Sakit kepala ringan atau pusing
  • Keringat dingin
  • Pingsan

Gejala aritmia diatas dapat hilang timbul, berlangsung lama, atau bahkan permanen. Jika tidak segera diatas dengan cepat, irama jantung yang tidak beraturan ini dapat berujung gagal jantung atau henti jantung mendadak. Pada sebagian besar kasus, aritmia dapat diobati dan penderita bisa hidup dengan detak jantung yang normal kembali.

Semoa saja artikel Berbagai Gejala Aritmia Yang Harus Diketahui ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

SERA ASLI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *